RPP


RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Sekolah                                    : SMP Negeri
Mata Pelajaran                         : Matematika
Kelas/ Semester                       : VII/ Ganjil
Materi Pokok                           : Bilangan
Alokasi Waktu                         :

 







A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.1  Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
3.1.1        Menjelaskan pengertian bilangan bulat dan contohnya
3.1.2        Menghitung penjumlahan bilangan bulat
3.1.3        Menghitung pengurangan bilangan bulat
3.1.4        Menghitung perkalian bilangan bulat
3.1.5        Menghitung pembagian bilangan bulat
3.1.6        Menentukan KPK dari beberapa bilangan
3.1.7        Menentukan FPB dari beberapa bilangan
3.1.8        Menghitung perpangkatan bilangan bulat
3.1.9        Menganalisis pola bilangan bulat
3.1.10    Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan
3.1.11    Menghitung penjumlahan bilangan pecahan biasa
3.1.12    Menghitung pengurangan bilangan pecahan biasa
3.1.13    Menghitung perkalian bilangan pecahan biasa
3.1.14    Menghitung pembagian bilangan pecahan biasa
3.1.15    Menghitung penjumlahan bilangan pecahan campuran
3.1.16    Menghitung pengurangan bilangan pecahan campuran
3.1.17    Menghitung perkalian bilangan pecahan campuran
3.1.18    Menghitung pembagian bilangan pecahan campuran
3.1.19    Menghitung penjumlahan bilangan pecahan desimal
3.1.20    Menghitung pengurangan bilangan pecahan desimal
3.1.21    Menghitung perkalian bilangan pecahan desimal
3.1.22    Menghitung pembagian bilangan pecahan desimal
3.1.23    Menentukan bentuk persen dan desimal dari suatu pecahan dan sebaliknya
3.1.24    Menentukan bentuk permil dan desimal dari suatu pecahan dan sebaliknya

4.1  Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
4.1.1        Menentukan operasi hitung campuran pada bilangan bulat
4.1.2        Menyusun pola bilangan bulat
4.1.3        Menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan bilangan
4.1.4        Mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa
C.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
3.1.1.1     Menyebutkan pengertian dan contoh bilangan bulat
3.1.1.2     Menghitung penjumlahan bilangan bulat
3.1.1.3     Menghitung pengurangan bilangan bulat
3.1.1.4     Menghitung perkalian bilangan bulat
3.1.1.5     Menghitung pembagian bilangan bulat
3.1.1.6     Menentukan KPK dari beberapa bilangan
3.1.1.7     Menentukan FPB dari beberapa bilangan
3.1.1.8     Menghitung perpangkatan bilangan bulat
3.1.1.9     Menganalisis pola bilangan bulat
3.1.1.10 Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan
3.1.1.11 Menghitung penjumlahan bilangan pecahan biasa
3.1.1.12 Menghitung pengurangan bilangan pecahan biasa
3.1.1.13 Menghitung perkalian bilangan pecahan biasa
3.1.1.14 Menghitung pembagian bilangan pecahan biasa
3.1.1.15 Menghitung penjumlahan bilangan pecahan campuran
3.1.1.16 Menghitung pengurangan bilangan pecahan campuran
3.1.1.17 Menghitung perkalian bilangan pecahan campuran
3.1.1.18 Menghitung pembagian bilangan pecahan campuran
3.1.1.19 Menghitung penjumlahan bilangan pecahan desimal
3.1.1.20 Menghitung pengurangan bilangan pecahan desimal
3.1.1.21 Menghitung perkalian bilangan pecahan desimal
3.1.1.22 Menghitung pembagian bilangan pecahan desimal
3.1.1.23 Menentukan bentuk persen dan desimal dari suatu pecahan dan sebaliknya
3.1.1.24 Menentukan bentuk permil dan desimal dari suatu pecahan dan sebaliknya
4.1.1.1     Menentukan operasi hitung campuran bilangan bulat
4.1.1.2     Menyusun pola bilangan bulat
4.1.1.3     Menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan   bilangan
4.1.1.4     Mengubah bilangan desimal ke pecahan biasa
D.    Materi Pembelajaran
a.       Bilangan Bulat Positif dan negatif
v  Bilangan bulat positif
v  Bilangan bulat negatif
b.      KPK dan FPB
c.       Perpangkatan Bilangan Bulat
d.      Pola Bilangan Bulat
e.    Bilangan Pecah
v  Pecahan biasa
v  Pecahan Campuran
v  Pecahan desimal
v  Persen dan permil

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan           : Saintifik
Model                    :
-         Pertemuan I                 : cooperatif learning jigsaw
-         Pertemuan II               : students teams achievement divisions (STAD)
-         Pertemuan III              : numbered head together
-         Pertemuan IV              : cooperatif learning jigsaw
-         Pertemuan V               : cooperatif learning jigsaw
-         Pertemuan VI              : cooperatif learning jigsaw
-         Pertemuan VII                        : make a - match

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                          : Slide, gambar, video
2.      Alat/Bahan                  : penggaris
3.      Sumber Belajar            : Buku Siswa Matematika Kemendikbud tahun 2013
  www.crayonpedia.org (bilangan pecahan) didownload tanggal 29 September 2013

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Kesatu (3.1.1, 3.1.2, 3.1.3, 3.1.4, 3.1.5) waktu: 1 x 3 JP
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru mengecek kesiapan belajar siswa;
2.      Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang bilangan bulat dan operasi hitungnya;
3.      Guru menginformasikan strategi pembelajaran yang menggunakan model cooperatif learning tipe jigsaw;
4.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
6menit
Inti
1.    Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan (ilustrasi);
2.    Siswa menganalisis, menalar,  mencoba dan menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan;
3.    Guru membagi topik dalam beberapa bagian (sub topik);
4.    Membentuk kelompok asli, Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas 4 orang per kelompok. Menugaskan setiap siswa dalam kelompok asli untuk mempelajari satu sub topik pelajaran. Memberi siswa waktu untuk mempelajari apa yang menjadi bagiannya;
5.    Membentuk kelompok ahli sementara, yaitu siswa yang memiliki bagian sub topik yang sama membentuk kelompok ahli;
Pada tahap ini diberi waktu kepada kelompok ahli ini untuk mendiskusikan konsep-konsep utama yang ada dalam topik bagiannya  dan berlatih menyajikan topik yang dipelajari tersebut kepada temannya dalam kelompok asli.
6.      Meminta siswa (tim ahli) kembali ke kelompok asli untuk mempresentasikan topik hasil diskusi dari kelompok ahli secara bergantian kepada anggota kelompok asli. Siswa lain diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi. Guru mengelilingi satu kelompok ke kelompok lain untuk mengamati proses;
102menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan bulat dan operasi hitung bilangan bulat;
2.      Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.      Guru memberi tugas individu;
4.      Guru memberi tugas mandiri;
5.      Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.      Guru memberi pesan moral.
12menit

2.      Pertemuan Kedua (3.1.6, 3.1.7) waktu: 1 x 2 JP
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru mengecek kesiapan belajar siswa;
2.      Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang KPK dan FPB dari beberapa bilangan ;
3.      Guru menginformasikan strategi pembelajaran yang menggunakan model student teams-achievement divisions (STAD);
4.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
5menit
Inti
1.   Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan kelipatan bilangan (ilustrasi);
2.    Siswa menganalisis, menalar,  mencoba dan menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan kelipatan bilangan;
3.    Guru membagi topik dalam beberapa bagian (sub topik);
4.    Membentuk kelompok-kelompok yang terdiri atas 4 orang per kelompok;
5.    Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti;
6.    Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
68menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang KPK dan FPB;
2.      Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.      Guru memberi tugas individu;
4.      Guru memberi tugas mandiri;
5.      Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.      Guru memberi pesan moral.
7menit

3.      Pertemuan Ketiga (3.1.8, 3.1.9) waktu: 1 x 3 JP
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru mengecek kesiapan belajar siswa;
2.      Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang perpangkatan dan pola bilangan bulat ;
3.      Guru menginformasikan strategi pembelajaran yang menggunakan model numbered head together (NHT);
4.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
6menit
Inti
1.      Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan perpangkatan dan pola bilangan bulat (ilustrasi);
2.    Siswa menganalisis, menalar,  mencoba dan menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan perpangkatan dan pola bilangan bulat ;
3.    Membentuk kelompok-kelompok yang terdiri atas 4 orang per kelompok. Guru memberi nomor kepada setiap siswa dalam kelompok dan nama kelompok yang berbeda.
4.    Guru membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan dipelajari. Dalam kerja kelompok setiap siswa berpikir untuk meyakinkan bahwa tiap orang mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah ada dalam LKS atau pertanyaan yang telah diberikan oleh;
5.    Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka;
6.    Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
102menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang perpangkatan dan pola bilangan bulat;
2.      Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.      Guru memberi tugas individu;
4.      Guru memberi tugas mandiri;
5.      Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.      Guru memberi pesan moral.
12menit

4.      Pertemuan keempat (3.1.10, 3.1.11, 3.1.12, 3.1.13, 3.1.14) waktu: 2 x 2JP
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru mengecek kesiapan belajar siswa;
2.      Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang bilangan pecahan biasa dan operasi hitungnya;
3.      Guru menginformasikan strategi pembelajaran yang menggunakan model cooperatif learning tipe jigsaw;
4.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
10menit
Inti
1.      Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan pecahan biasa (ilustrasi);
2.    Siswa menganalisis, menalar,  mencoba dan menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan pecahan biasa;
3.    Guru membagi topik dalam beberapa bagian (sub topik);
4.    Membentuk kelompok asli, Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas 4 orang per kelompok. Menugaskan setiap siswa dalam kelompok asli untuk mempelajari satu sub topik pelajaran. Memberi siswa waktu untuk mempelajari apa yang menjadi bagiannya;
5.    Membentuk kelompok ahli sementara, yaitu siswa yang memiliki bagian sub topik yang sama membentuk kelompok ahli;
Pada tahap ini diberi waktu kepada kelompok ahli ini untuk mendiskusikan konsep-konsep utama yang ada dalam topik bagiannya  dan berlatih menyajikan topik yang dipelajari tersebut kepada temannya dalam kelompok asli.
6.      Meminta siswa (tim ahli) kembali ke kelompok asli untuk mempresentasikan topik hasil diskusi dari kelompok ahli secara bergantian kepada anggota kelompok asli. Siswa lain diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi. Guru mengelilingi satu kelompok ke kelompok lain untuk mengamati proses;
136menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan pecahan biasa dan operasi hitungnya;
2.      Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.      Guru memberi tugas individu;
4.      Guru memberi tugas mandiri;
5.      Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.      Guru memberi pesan moral.
14menit

5.      Pertemuan Kelima (3.1.15, 3.1.16, 3.1.17, 3.1.18) waktu : 1 x 3JP
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru mengecek kesiapan belajar siswa;
2.      Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang bilangan pecahan campuran dan operasi hitungnya;
3.      Guru menginformasikan strategi pembelajaran yang menggunakan model cooperatif learning tipe jigsaw;
4.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
6menit
Inti
1.      Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan pecahan campuran (ilustrasi);
2.       Siswa menganalisis, menalar,  mencoba dan menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan pecahan campuran;
3.       Guru membagi topik dalam beberapa bagian (sub topik);
4.       Membentuk kelompok asli, Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas 4 orang per kelompok. Menugaskan setiap siswa dalam kelompok asli untuk mempelajari satu sub topik pelajaran. Memberi siswa waktu untuk mempelajari apa yang menjadi bagiannya;
5.       Membentuk kelompok ahli sementara, yaitu siswa yang memiliki bagian sub topik yang sama membentuk kelompok ahli;
      Pada tahap ini diberi waktu kepada kelompok ahli ini untuk mendiskusikan konsep-konsep utama yang ada dalam topik bagiannya  dan berlatih menyajikan topik yang dipelajari tersebut kepada temannya dalam kelompok asli.
6.       Meminta siswa (tim ahli) kembali ke kelompok asli untuk mempresentasikan topik hasil diskusi dari kelompok ahli secara bergantian kepada anggota kelompok asli. Siswa lain diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi. Guru mengelilingi satu kelompok ke kelompok lain untuk mengamati proses;
102menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan pecahan campuran dan operasi hitungnya;
2.      Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.      Guru memberi tugas individu;
4.      Guru memberi tugas mandiri;
5.      Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.      Guru memberi pesan moral.
12menit

6.      Pertemuan Keenam (3.1.19, 3.1.20, 3.1.21, 3.1.22) waktu: 1 x 2JP
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru mengecek kesiapan belajar siswa;
2.      Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang bilangan pecahan desimal dan operasi hitungnya;
3.      Guru menginformasikan strategi pembelajaran yang menggunakan model cooperatif learning tipe jigsaw;
4.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
5menit
Inti
1.      Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan pecahan desimal (ilustrasi);
2.      Siswa menganalisis, menalar,  mencoba dan menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan pecahan desimal;
3.      Guru membagi topik dalam beberapa bagian (sub topik);
4.      Membentuk kelompok asli, Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas 4 orang per kelompok. Menugaskan setiap siswa dalam kelompok asli untuk mempelajari satu sub topik pelajaran. Memberi siswa waktu untuk mempelajari apa yang menjadi bagiannya;
5.      Membentuk kelompok ahli sementara, yaitu siswa yang memiliki bagian sub topik yang sama membentuk kelompok ahli;
      Pada tahap ini diberi waktu kepada kelompok ahli ini untuk mendiskusikan konsep-konsep utama yang ada dalam topik bagiannya  dan berlatih menyajikan topik yang dipelajari tersebut kepada temannya dalam kelompok asli.
6.      Meminta siswa (tim ahli) kembali ke kelompok asli untuk mempresentasikan topik hasil diskusi dari kelompok ahli secara bergantian kepada anggota kelompok asli. Siswa lain diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi. Guru mengelilingi satu kelompok ke kelompok lain untuk mengamati proses.
68menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan pecahan desimal dan operasi hitungnya;
2.      Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.      Guru memberi tugas individu;
4.      Guru memberi tugas mandiri;
5.      Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.      Guru memberi pesan moral.
7menit

7.      Pertemuan Ketujuh (3.1.23, 3.1.24) waktu : 1 x 3 JP
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.   Guru mengecek kesiapan belajar siswa;
2.   Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang bilangan persen dan permil ;
3.   Guru menginformasikan strategi pembelajaran yang menggunakan model make a - match;
4.   Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
6menit
Inti
1.   Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan persen dan permil (ilustrasi);
2.    Siswa menganalisis, menalar,  mencoba dan menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan persen dan permil;
3.    Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban;
4.    Setiap siswa mendapat satu buah kartu;
5.    Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang dan mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban);
6.    Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin;
7.    Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya  dan demikian seterusnya.
102menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan persen dan permil;
2.      Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.      Guru memberi tugas individu;
4.      Guru memberi tugas mandiri;
5.      Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.      Guru memberi pesan moral.
12menit

H.    Penilaian
Teknik       : - Tes Tulis + Non Tes (Pengamatan)
Bentuk      : - Kuis (Esay)
à Pertemuan Pertama
Instrumen Tes
Ø  KUIS  (Waktu: maksimal 10 menit)
Petunjuk:
1.   Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.   Jawablah soal berikut dengan benar

Soal:
Gambar         mewakili bilangan yang menyatakan banyaknya jeruk yang dibeli Shinta. Jeruk yang dibeli akan dibagi rata kepada 5 orang temannya dan masing-masing temannya mendapatkan 2 buah jeruk.
Hitunglah :
a.               +                                                  f.   -15   + 


b.      5 +                                                       g.           -  (-12)


c.                 -  4                                              h.           +  (-10)


d.         2  x                                                     i.            x 


e.          50  :                                                    j.             :  2

Pedoman Penskoran
No.
Kunci Jawaban
Skor
1.
        =  jeruk
        :    5    = 2, berarti         =  5  x  2  =  10
a.             +         =  10 + 10 = 20     
b.      5  +        = 5 + 10 = 15                     
c.             -  4  = 10 – 4 = 6              
d.      2  x         = 2 x 10 = 20           
e.       50  :         = 50 : 10 = 5
f.       -15  +        = -15  + 10 = -5    
g.           -  (-12) = 10 – (-12) = 22
h.            +  (-10) = 10 + (-10) = 0
i.               x          = 10 x 10 = 100
j.               :  2  = 10 : 2 = 5



1
1
1
1
1
1
1
1
1
1

Skor Maksimum
10
                  
Ø  Latihan (Tugas mandiri)
1.   Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang nilainya terkecil.
                                      i.      -1, -3, -2, -5, -4
                                    ii.      -5, 0, 10, 5, -10
                                  iii.      2, -4, 0, 6, -6, -2, 4

2.   Jika m = -6, n = 8, p = -4, tentukan hasil operasi berikut.
a.       (m – n) + (p – m)
b.      (p + n) – (m + p)

3.      Tentukan nilai p dengan menggunakan sifat–sifat operasi pada bilangan bulat.
a.       p × 6 = 89 × (–18 + 18)
b.      (–4 × 62) × p = (–4 × 62)
c.       6 × (21 – 7) = (6 × 21) – (5 × p)
d.      –8 × –9 = (–8 × 12) + (p × –8)
e.       p + 6 = -25 – (-1)

à Pertemuan kedua:
Instrumen Tes
Ø  KUIS  (Waktu: maksimal 10 menit)
Petunjuk:
1.      Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.      Jawablah soal berikut dengan benar
Soal:
a.       Tentukan FPB dan KPK dari 16 dan 18!
b.      Tentukan FPB dan KPK dari 15, 24, dan 32!
Kunci Jawaban
No.
Kunci Jawaban
Skor
1.
a.       16 = 2 × 2 × 2 × 2 = 24
18 = 2 × 3 × 3 = 2 × 32
FPB dari 16 dan 18 adalah 21 = 2
KPK dari 16 dan 18 adalah 24 × 32 = 144

b.      14 = 2 × 7
24 = 2 × 2 × 2 × 3 = 23 × 3
32 = 2 × 2 × 2 × 2 × 2 = 25
FPB dari 14, 24, dan 32 adalah 2
KPK dari 14, 24, dan 32 adalah 25 × 3 × 7 = 32 × 3 × 7 = 672
1
1
1
1

1
1
1
1
1

Skor Maksimum
9





Ø  Latihan (tugas mandiri)
Tentukanlah FPB dan KPK dari bilangan bilangan berikut!
1.      15, 20 dan 25                   6. 20, 25 dan 40
2.      12, 15 dan 20                   7. 15, 30 dan 45
3.      12, 14 dan 16                   8. 32, 42 dan 36
4.      18, 24 dan 32                   9. 24, 30 dan 60
5.      24, 32 dan 36                   10.15, 30 dan 45                    

à Pertemuan ketiga
Ø  Kuis
Ø  Latihan (tugas mandiri)
1.      Tentukan nilai dari (13 + 23 + 43 +...+103)=...........
2.      Tentukanlah ketiga suku berikutnya dan tulislah aturan dari masing-masing pola bilangan berikut !
a.       2, 4, 6, 8, 10, . . .
b.      6, 18, 54, 162, . . .
c.       8, 16, 24, 32, . . .
d.      1, 5, 25, 125, . . .

à Pertemuan keempat
Ø  Kuis
Ø  Latihan (tugas mandiri)
1.      Andi mempunyai 27 kelereng. Sebanyak  dari kelereng itu diberikannya kepada Rudi. Berapa banyak kelereng yang diberikan kepada Rudi? Berapa sisa kelereng pada Andi?
2.      Suprapto melakukan perjalanan mudik dari kota Semarang ke kota Yogyakarta. Di perjalanan pengendara tersebut mengisi bensin tiga kali,yaitu liter, liter, dan   terakhir liter. Berapa liter jumlah total bensin yang telah diisi oleh pengendara tersebut?

à Pertemuan kelima
Ø  Kuis
Ø  Latihan (tugas mandiri)
Selesaikan soal-soal berikut ini !
1.     

2.     

3.     

4.     

5.     


à Pertemuan keenam
Ø  Kuis
Ø  Latihan (tugas mandiri)
Selesaikan soal-soal berikut ini !
1.      0,51 × 1,32 =
2.      1,9612 + 1,4 =
3.      6,012 - 0,14 =
4.      0,96  0,2 =
5.      1,21 + 0,052 + 0,1 =

à Pertemuan ke tujuh
Ø  Kuis
Ø  Latihan (tugas mandiri)
1.      Bentuk persen (%) dari pecahan 0,23 adalah.......
2.      Urutkan bilangan-bilangan pecahan ; 0,47; 28%;   ; 150 o/oo dari yang nilainya terkecil.


Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Rasa ingin tahu
Pengamatan
Kegiatan inti
2
Tanggungjawab dalam kelompok
Pengamatan
Kegiatan inti
3
Pengetahuan dan keterampilan matematika
Kuis
Kegiatan penutup
Portofolio Hasil Latihan-2
Kegiatan penutup



LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP
Sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten 
3.      Sangat baikjika menunjukkan adanya  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
    
     Indikator perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
Nama
Rasa ingin tahu
Tanggungjawab
SB
B
KB
SB
B
KB
1







2







3































...







32







SB = sangat baik        B = baik        KB = kurang baik   





1 komentar: Leave Your Comments