RPP (RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Sekolah :
SMP Negeri
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Materi Pokok : Bilangan
Alokasi Waktu :
|
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif,
dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin
tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.1 Membandingkan dan
mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung
bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
3.1.1
Menjelaskan pengertian bilangan bulat dan contohnya
3.1.2
Menghitung penjumlahan bilangan bulat
3.1.3
Menghitung pengurangan bilangan bulat
3.1.4
Menghitung perkalian bilangan bulat
3.1.5
Menghitung pembagian bilangan bulat
3.1.6
Menentukan KPK dari beberapa bilangan
3.1.7
Menentukan FPB dari beberapa bilangan
3.1.8
Menghitung perpangkatan bilangan bulat
3.1.9
Menganalisis pola bilangan bulat
3.1.10 Memberikan
contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan
3.1.11 Menghitung
penjumlahan bilangan pecahan biasa
3.1.12 Menghitung
pengurangan bilangan pecahan biasa
3.1.13 Menghitung
perkalian bilangan pecahan biasa
3.1.14 Menghitung
pembagian bilangan pecahan biasa
3.1.15 Menghitung
penjumlahan bilangan pecahan campuran
3.1.16 Menghitung
pengurangan bilangan pecahan campuran
3.1.17 Menghitung
perkalian bilangan pecahan campuran
3.1.18 Menghitung
pembagian bilangan pecahan campuran
3.1.19 Menghitung
penjumlahan bilangan pecahan desimal
3.1.20 Menghitung
pengurangan bilangan pecahan desimal
3.1.21 Menghitung
perkalian bilangan pecahan desimal
3.1.22 Menghitung
pembagian bilangan pecahan desimal
3.1.23 Menentukan
bentuk persen dan desimal dari suatu pecahan dan sebaliknya
3.1.24 Menentukan
bentuk permil dan desimal dari suatu pecahan dan sebaliknya
4.1 Menggunakan pola dan
generalisasi untuk menyelesaikan masalah
4.1.1
Menentukan
operasi hitung campuran pada bilangan bulat
4.1.2
Menyusun
pola bilangan bulat
4.1.3
Menyelesaikan
model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan bilangan
4.1.4
Mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat:
3.1.1.1 Menyebutkan
pengertian dan contoh bilangan bulat
3.1.1.2 Menghitung
penjumlahan bilangan bulat
3.1.1.3 Menghitung
pengurangan bilangan bulat
3.1.1.4 Menghitung
perkalian bilangan bulat
3.1.1.5 Menghitung
pembagian bilangan bulat
3.1.1.6 Menentukan
KPK dari beberapa bilangan
3.1.1.7 Menentukan
FPB dari beberapa bilangan
3.1.1.8 Menghitung
perpangkatan bilangan bulat
3.1.1.9 Menganalisis
pola bilangan bulat
3.1.1.10 Memberikan
contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan
3.1.1.11 Menghitung
penjumlahan bilangan pecahan biasa
3.1.1.12 Menghitung
pengurangan bilangan pecahan biasa
3.1.1.13 Menghitung
perkalian bilangan pecahan biasa
3.1.1.14 Menghitung
pembagian bilangan pecahan biasa
3.1.1.15 Menghitung
penjumlahan bilangan pecahan campuran
3.1.1.16 Menghitung
pengurangan bilangan pecahan campuran
3.1.1.17 Menghitung
perkalian bilangan pecahan campuran
3.1.1.18 Menghitung
pembagian bilangan pecahan campuran
3.1.1.19 Menghitung
penjumlahan bilangan pecahan desimal
3.1.1.20 Menghitung
pengurangan bilangan pecahan desimal
3.1.1.21 Menghitung
perkalian bilangan pecahan desimal
3.1.1.22 Menghitung
pembagian bilangan pecahan desimal
3.1.1.23 Menentukan
bentuk persen dan desimal dari suatu pecahan dan sebaliknya
3.1.1.24 Menentukan
bentuk permil dan desimal dari suatu pecahan dan sebaliknya
4.1.1.1
Menentukan
operasi hitung campuran bilangan bulat
4.1.1.2
Menyusun
pola bilangan bulat
4.1.1.3
Menyelesaikan
model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan bilangan
4.1.1.4
Mengubah bilangan desimal ke pecahan biasa
D. Materi Pembelajaran
a.
Bilangan
Bulat Positif dan negatif
v
Bilangan
bulat positif
v
Bilangan
bulat negatif
b. KPK
dan FPB
c. Perpangkatan
Bilangan Bulat
d.
Pola Bilangan Bulat
e.
Bilangan
Pecah
v
Pecahan
biasa
v
Pecahan
Campuran
v
Pecahan
desimal
v
Persen
dan permil
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model :
-
Pertemuan I :
cooperatif learning jigsaw
-
Pertemuan II :
students teams achievement divisions (STAD)
-
Pertemuan III :
numbered head together
-
Pertemuan IV : cooperatif learning jigsaw
-
Pertemuan V :
cooperatif learning jigsaw
-
Pertemuan VI : cooperatif learning jigsaw
-
Pertemuan VII : make a - match
F. Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1. Media : Slide, gambar, video
2. Alat/Bahan : penggaris
3. Sumber
Belajar : Buku Siswa Matematika
Kemendikbud tahun 2013
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
Kesatu (3.1.1, 3.1.2, 3.1.3, 3.1.4, 3.1.5) waktu: 1 x 3 JP
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru mengecek
kesiapan belajar siswa;
2. Guru
mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang bilangan bulat dan operasi
hitungnya;
3. Guru menginformasikan strategi
pembelajaran yang menggunakan
model cooperatif learning tipe jigsaw;
4. Guru mengecek
kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
|
6menit
|
Inti
|
1. Siswa
mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan (ilustrasi);
2. Siswa
menganalisis, menalar, mencoba dan
menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan
tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan
bilangan;
3. Guru
membagi topik dalam beberapa bagian (sub topik);
4. Membentuk
kelompok asli, Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas 4
orang per kelompok. Menugaskan setiap siswa dalam kelompok asli untuk
mempelajari satu sub topik pelajaran. Memberi siswa waktu untuk mempelajari
apa yang menjadi bagiannya;
5. Membentuk
kelompok ahli sementara, yaitu siswa yang memiliki bagian sub topik yang sama
membentuk kelompok ahli;
Pada tahap ini
diberi waktu kepada kelompok ahli ini untuk mendiskusikan konsep-konsep utama
yang ada dalam topik bagiannya dan berlatih menyajikan topik yang dipelajari
tersebut kepada temannya dalam kelompok asli.
6.
Meminta siswa (tim ahli) kembali ke
kelompok asli untuk mempresentasikan topik hasil diskusi dari kelompok ahli
secara bergantian kepada anggota kelompok asli. Siswa lain diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi. Guru mengelilingi satu
kelompok ke kelompok lain untuk mengamati proses;
|
102menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan bulat dan operasi
hitung bilangan bulat;
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3. Guru memberi
tugas individu;
4. Guru memberi tugas
mandiri;
5.
Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.
Guru memberi pesan moral.
|
12menit
|
2. Pertemuan
Kedua (3.1.6, 3.1.7) waktu: 1 x 2 JP
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru mengecek
kesiapan belajar siswa;
2. Guru
mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang KPK dan FPB dari beberapa
bilangan ;
3. Guru menginformasikan strategi
pembelajaran yang
menggunakan model student teams-achievement divisions (STAD);
4. Guru mengecek
kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
|
5menit
|
Inti
|
1. Siswa
mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan kelipatan bilangan (ilustrasi);
2. Siswa
menganalisis, menalar, mencoba dan
menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan
tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan kelipatan
bilangan;
3. Guru
membagi topik dalam beberapa bagian (sub topik);
4. Membentuk
kelompok-kelompok yang terdiri atas 4 orang per kelompok;
5. Guru
memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.
Anggotanya yang sudah mengerti dapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai
semua anggota dalam kelompok itu mengerti;
6. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
|
68menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang KPK dan FPB;
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3. Guru memberi
tugas individu;
4. Guru memberi tugas
mandiri;
5.
Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.
Guru memberi pesan moral.
|
7menit
|
3. Pertemuan
Ketiga (3.1.8, 3.1.9) waktu: 1 x 3 JP
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru mengecek
kesiapan belajar siswa;
2. Guru
mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang perpangkatan dan pola bilangan
bulat ;
3. Guru menginformasikan strategi
pembelajaran yang
menggunakan model numbered head together (NHT);
4. Guru mengecek
kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
|
6menit
|
Inti
|
1. Siswa
mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan perpangkatan dan pola bilangan bulat
(ilustrasi);
2. Siswa
menganalisis, menalar, mencoba dan
menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan
tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan
perpangkatan dan pola bilangan bulat ;
3. Membentuk
kelompok-kelompok yang terdiri atas 4 orang per kelompok. Guru memberi nomor
kepada setiap siswa dalam kelompok dan nama kelompok yang berbeda.
4. Guru
membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan dipelajari. Dalam
kerja kelompok setiap siswa berpikir untuk meyakinkan bahwa tiap orang
mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah ada dalam LKS atau pertanyaan
yang telah diberikan oleh;
5. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor
yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka;
6. Tanggapan dari teman yang lain,
kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
|
102menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang perpangkatan dan pola
bilangan bulat;
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3. Guru memberi
tugas individu;
4. Guru memberi
tugas mandiri;
5.
Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.
Guru memberi pesan moral.
|
12menit
|
4. Pertemuan
keempat (3.1.10, 3.1.11, 3.1.12, 3.1.13, 3.1.14) waktu: 2 x 2JP
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru mengecek
kesiapan belajar siswa;
2. Guru
mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang bilangan pecahan biasa dan
operasi hitungnya;
3. Guru menginformasikan strategi
pembelajaran yang
menggunakan model cooperatif learning tipe jigsaw;
4. Guru mengecek
kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
|
10menit
|
Inti
|
1. Siswa
mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan pecahan biasa (ilustrasi);
2. Siswa
menganalisis, menalar, mencoba dan
menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan
tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan
pecahan biasa;
3. Guru
membagi topik dalam beberapa bagian (sub topik);
4. Membentuk
kelompok asli, Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas 4
orang per kelompok. Menugaskan setiap siswa dalam kelompok asli untuk
mempelajari satu sub topik pelajaran. Memberi siswa waktu untuk mempelajari
apa yang menjadi bagiannya;
5. Membentuk
kelompok ahli sementara, yaitu siswa yang memiliki bagian sub topik yang sama
membentuk kelompok ahli;
Pada tahap ini
diberi waktu kepada kelompok ahli ini untuk mendiskusikan konsep-konsep utama
yang ada dalam topik bagiannya dan berlatih menyajikan topik yang
dipelajari tersebut kepada temannya dalam kelompok asli.
6.
Meminta siswa (tim ahli) kembali ke
kelompok asli untuk mempresentasikan topik hasil diskusi dari kelompok ahli
secara bergantian kepada anggota kelompok asli. Siswa lain diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi. Guru mengelilingi satu
kelompok ke kelompok lain untuk mengamati proses;
|
136menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan pecahan biasa dan operasi
hitungnya;
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3. Guru memberi
tugas individu;
4. Guru memberi
tugas mandiri;
5.
Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.
Guru memberi pesan moral.
|
14menit
|
5. Pertemuan
Kelima (3.1.15, 3.1.16, 3.1.17, 3.1.18) waktu : 1 x 3JP
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru mengecek
kesiapan belajar siswa;
2. Guru
mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang bilangan pecahan campuran dan
operasi hitungnya;
3. Guru menginformasikan strategi
pembelajaran yang
menggunakan model cooperatif learning tipe jigsaw;
4. Guru mengecek
kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
|
6menit
|
Inti
|
1. Siswa
mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan pecahan campuran (ilustrasi);
2. Siswa
menganalisis, menalar, mencoba dan
menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan
tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan
bilangan pecahan campuran;
3. Guru
membagi topik dalam beberapa bagian (sub topik);
4. Membentuk
kelompok asli, Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas 4
orang per kelompok. Menugaskan setiap siswa dalam kelompok asli untuk
mempelajari satu sub topik pelajaran. Memberi siswa waktu untuk mempelajari
apa yang menjadi bagiannya;
5. Membentuk
kelompok ahli sementara, yaitu siswa yang memiliki bagian sub topik yang sama
membentuk kelompok ahli;
Pada tahap ini diberi waktu kepada
kelompok ahli ini untuk mendiskusikan konsep-konsep utama yang ada dalam
topik bagiannya dan berlatih menyajikan topik yang dipelajari tersebut
kepada temannya dalam kelompok asli.
6.
Meminta siswa (tim ahli) kembali ke
kelompok asli untuk mempresentasikan topik hasil diskusi dari kelompok ahli
secara bergantian kepada anggota kelompok asli. Siswa lain diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi. Guru mengelilingi satu
kelompok ke kelompok lain untuk mengamati proses;
|
102menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan pecahan campuran
dan operasi hitungnya;
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3. Guru memberi
tugas individu;
4. Guru memberi
tugas mandiri;
5.
Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.
Guru memberi pesan moral.
|
12menit
|
6. Pertemuan
Keenam (3.1.19, 3.1.20, 3.1.21, 3.1.22) waktu: 1 x 2JP
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru mengecek
kesiapan belajar siswa;
2. Guru
mengkomunikasikan tujuan pembelajaran tentang bilangan pecahan desimal dan
operasi hitungnya;
3. Guru menginformasikan strategi
pembelajaran yang
menggunakan model cooperatif learning tipe jigsaw;
4. Guru mengecek
kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
|
5menit
|
Inti
|
1. Siswa
mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan pecahan desimal (ilustrasi);
2. Siswa
menganalisis, menalar, mencoba dan
menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan
tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan
bilangan pecahan desimal;
3. Guru
membagi topik dalam beberapa bagian (sub topik);
4. Membentuk
kelompok asli, Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas 4
orang per kelompok. Menugaskan setiap siswa dalam kelompok asli untuk
mempelajari satu sub topik pelajaran. Memberi siswa waktu untuk mempelajari
apa yang menjadi bagiannya;
5. Membentuk
kelompok ahli sementara, yaitu siswa yang memiliki bagian sub topik yang sama
membentuk kelompok ahli;
Pada tahap ini diberi waktu kepada
kelompok ahli ini untuk mendiskusikan konsep-konsep utama yang ada dalam
topik bagiannya dan berlatih menyajikan topik yang dipelajari tersebut
kepada temannya dalam kelompok asli.
6.
Meminta siswa (tim ahli) kembali ke
kelompok asli untuk mempresentasikan topik hasil diskusi dari kelompok ahli
secara bergantian kepada anggota kelompok asli. Siswa lain diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi. Guru mengelilingi satu
kelompok ke kelompok lain untuk mengamati proses.
|
68menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan pecahan desimal
dan operasi hitungnya;
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3. Guru memberi
tugas individu;
4. Guru memberi
tugas mandiri;
5.
Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.
Guru memberi pesan moral.
|
7menit
|
7. Pertemuan
Ketujuh (3.1.23, 3.1.24) waktu : 1 x 3 JP
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru mengecek
kesiapan belajar siswa;
2. Guru mengkomunikasikan
tujuan pembelajaran tentang bilangan persen dan permil ;
3. Guru menginformasikan strategi
pembelajaran yang
menggunakan model make a - match;
4. Guru mengecek
kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab.
|
6menit
|
Inti
|
1. Siswa
mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan persen dan permil (ilustrasi);
2. Siswa
menganalisis, menalar, mencoba dan
menyimpulkan pengertian dari bilangan berdasarkan hasil pengamatan dan
tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan
bilangan persen dan permil;
3. Guru
menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok
untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban;
4. Setiap
siswa mendapat satu buah kartu;
5. Tiap
siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang dan mencari pasangan
yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban);
6. Setiap
siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin;
7. Setelah
satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda
dari sebelumnya dan demikian
seterusnya.
|
102menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan persen dan permil;
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3. Guru memberi
tugas individu;
4. Guru memberi
tugas mandiri;
5.
Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya;
6.
Guru memberi pesan moral.
|
12menit
|
H. Penilaian
Teknik : - Tes Tulis + Non Tes (Pengamatan)
Bentuk : - Kuis (Esay)
à Pertemuan
Pertama
Instrumen Tes
Ø KUIS (Waktu: maksimal 10 menit)
Petunjuk:
1.
Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh
menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.
Jawablah soal berikut dengan benar
Soal:
Gambar mewakili
bilangan yang menyatakan banyaknya jeruk yang dibeli Shinta. Jeruk yang dibeli
akan dibagi rata kepada 5 orang temannya dan masing-masing temannya mendapatkan
2 buah jeruk.
Hitunglah :
a. +
f. -15
+
b. 5 + g. -
(-12)
c.
-
4 h. +
(-10)
d.
2
x
i. x
e.
50 : j. :
2
Pedoman
Penskoran
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
= jeruk
:
5 = 2, berarti =
5 x 2
= 10
a. +
= 10 + 10 = 20
b. 5 +
= 5 + 10 = 15
c. -
4 = 10 – 4 = 6
d. 2 x
= 2 x 10 = 20
e. 50 : = 50 : 10 = 5
f. -15 +
= -15 + 10 = -5
g. -
(-12) = 10 – (-12) = 22
h. +
(-10) = 10 + (-10) = 0
i.
x = 10
x 10 = 100
j.
:
2 = 10 : 2 = 5
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Skor Maksimum
|
10
|
Ø Latihan
(Tugas mandiri)
1.
Urutkan bilangan-bilangan berikut dari
yang nilainya terkecil.
i.
-1, -3, -2, -5, -4
ii.
-5, 0, 10, 5, -10
iii.
2, -4, 0, 6, -6, -2, 4
2.
Jika m = -6, n = 8, p = -4, tentukan
hasil operasi berikut.
a.
(m – n) + (p – m)
b.
(p + n) – (m + p)
3.
Tentukan nilai p dengan
menggunakan sifat–sifat operasi pada bilangan bulat.
a.
p × 6
= 89 × (–18 + 18)
b.
(–4 × 62)
× p = (–4
× 62)
c.
6 × (21
– 7) = (6 × 21) – (5 × p)
d. –8 × –9 = (–8 × 12)
+ (p × –8)
e. p + 6 = -25 –
(-1)
à Pertemuan
kedua:
Instrumen Tes
Ø KUIS (Waktu: maksimal 10 menit)
Petunjuk:
1.
Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh
menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.
Jawablah soal berikut dengan benar
Soal:
a.
Tentukan FPB dan KPK dari 16 dan 18!
b.
Tentukan FPB dan KPK dari 15, 24, dan 32!
Kunci
Jawaban
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
a.
16 = 2 × 2
× 2 × 2 = 24
18
= 2 × 3 × 3 = 2 × 32
FPB
dari 16 dan 18 adalah 21 = 2
KPK
dari 16 dan 18 adalah 24 × 32 = 144
b.
14 = 2 × 7
24
= 2 × 2 × 2 × 3 = 23 × 3
32
= 2 × 2 × 2 × 2 × 2 = 25
FPB
dari 14, 24, dan 32 adalah 2
KPK
dari 14, 24, dan 32 adalah 25 × 3 × 7 = 32 × 3 × 7 = 672
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Skor Maksimum
|
9
|
Ø Latihan (tugas mandiri)
Tentukanlah FPB dan KPK
dari bilangan bilangan berikut!
1.
15, 20 dan 25 6. 20, 25 dan 40
2.
12, 15 dan 20 7. 15, 30 dan 45
3.
12, 14 dan 16 8. 32, 42 dan 36
4.
18, 24 dan 32 9. 24, 30 dan 60
5. 24,
32 dan 36 10.15, 30 dan
45
à
Pertemuan ketiga
Ø Kuis
Ø Latihan
(tugas mandiri)
1.
Tentukan nilai dari (13 + 23 + 43 +...+103)=...........
2.
Tentukanlah ketiga suku berikutnya dan
tulislah aturan dari masing-masing pola bilangan berikut !
a. 2, 4,
6, 8, 10, . . .
b. 6,
18, 54, 162, . . .
c. 8,
16, 24, 32, . . .
d. 1, 5,
25, 125, . . .
à
Pertemuan keempat
Ø Kuis
Ø Latihan
(tugas mandiri)
1. Andi
mempunyai 27 kelereng. Sebanyak
dari kelereng
itu diberikannya kepada Rudi. Berapa banyak kelereng yang diberikan kepada
Rudi? Berapa sisa kelereng pada Andi?
2. Suprapto
melakukan perjalanan mudik dari kota Semarang ke kota Yogyakarta. Di perjalanan
pengendara tersebut mengisi bensin tiga kali,yaitu
liter,
liter, dan
terakhir
liter. Berapa liter jumlah total bensin yang telah diisi oleh pengendara
tersebut?
à Pertemuan
kelima
Ø Kuis
Ø Latihan
(tugas mandiri)
Selesaikan
soal-soal berikut ini !
1.
2.
3.
4.
5.
à Pertemuan
keenam
Ø Kuis
Ø Latihan
(tugas mandiri)
Selesaikan
soal-soal berikut ini !
1.
0,51 × 1,32 =
2.
1,9612 + 1,4 =
3.
6,012 - 0,14
=
4.
0,96
0,2 =
5.
1,21 + 0,052 + 0,1 =
à Pertemuan
ke tujuh
Ø Kuis
Ø Latihan
(tugas mandiri)
1.
Bentuk persen (%) dari pecahan 0,23
adalah.......
2.
Urutkan bilangan-bilangan pecahan
; 0,47; 28%;
; 150 o/oo dari yang nilainya
terkecil.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Rasa ingin
tahu
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti
|
2
|
Tanggungjawab
dalam kelompok
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti
|
3
|
Pengetahuan
dan keterampilan matematika
|
Kuis
|
Kegiatan
penutup
|
Portofolio
Hasil Latihan-2
|
Kegiatan
penutup
|
LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP
Sikap yang dikembangkan dalam proses
pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
Indikator
perkembangan sikap INGIN TAHU
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya
atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih
belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baikjika menunjukkan adanya
usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus
menerus dan ajeg/konsisten
Indikator
perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam
melaksanakan tugas kelompok
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
NO
|
Nama
|
Rasa ingin
tahu
|
Tanggungjawab
|
||||
SB
|
B
|
KB
|
SB
|
B
|
KB
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
SB = sangat baik
B = baik KB = kurang baik
mantap...ditunggu RPP selanjutnya.....
BalasHapus